Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi

Umum, Anang Suhendi, A.Md, 11-03-2022

Senin, 07 Maret 2022 Oleh Dian Kusnaedi, S.IP (Sub Koordinator Kewaspadaan Dini dan Kerjasama Intelkam)

Palabuhanratu – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang bertempat di Aula Setda Kabupaten Sukabumi Jl. Siliwangi No. 10 Palabuhanratu, Rapat kordinasi dipimpin langsung oleh Bupati Sukabumi Bapak Drs. H. Marwan Hamami, MM., berlangsung  pada hari Senin tanggal 07 Maret 2022 pukul 13.21 WIB, yang dihadiri oleh 35 orang.

Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi turut dihadiri oleh Bupati Sukabumi Drs. H. Marwan Hamami, MM., Dandim 0622/Kab. Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo S.Sos. M.Si., Kapolres Sukabumi diwakili Kabagops Kompol Suwardi, SH., Kepala Badan Kesbangpol Kab. Sukabumi Drs. Tri Romandhono S., Danposal Palabuhanratu Kapten Marinir Sri Agus Subagyo, Danpuslatpurmar Antralina diwakili Lettu Mar Ridwan, Dansub Denpom III/ SLW Kapten PM Sudirman, Unsur Intelijen Kominda Kab. Sukabumi dan jajaran Instansi terkait lainnya.

Rapat Koordinasi Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi memiliki peranan penting dalam peningkatan stabilitas keamanan dan ketertiban serta mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan di Wilayah Kabupaten Sukabumi. Adapun tema yang diusung pada rapat koordinasi Tahun Anggaran 2022 ini adalah "Kita Perkuat Sinegritas Dalam Rangka Deteksi Dini Terhadap Ancaman, Tantangan,  Hambatan Dan Gangguan (ATHG) Untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Dan Ketertiban Di Kabupaten Sukabumi".

Bupati Sukabumi menyampaikan bahwa Siaga bencana menjadi kewaspadaan utama dan bagaimana mencermati dampak sosial. Dampak bencana terjadi hampir setiap hari, sehingga kondisi percepatan laporan kepada pusat harus diantisipasi dengan baik. Dampak sosial dari kondisi ini mereka melakukan aksi unras karena itu kita harus cepat laporan ke pusat dan harus koordinasi dengan Dandim dan Kapolres, walaupun dampak dari demo diangggap Pemda Sukabumi kerjanya tidak baik sehingga  kita harus menghadapinya dengan arif.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sukabumi juga menyampaikan bahwa Rakor ini dilaksanakan agar kita mendapatkan solusi penanganan semua dampak bencana, kamtibmas dan menemukan formula pendorong dan peran aktif masyarakat. Pemda Sukabumi terus mendorong dan mengawal pembangunan di Kabupaten Sukabumi dan mengawasi infrastruktur yang stratregis pasca Covid-19 dan lanjutan demografi di Kabupaten Sukabumi sekitar 60% usia muda , agar kita bisa mendengar apa yg diinginkan oleh mereka. Dampak sosial meghadapi bulan puasa dan Iidul Fitri harus kita sikapi dalam masa pamdemi Covid-19 karena kita masih di level 3. Adapun Pencapaian Vaksin di Kabupaten Sukabumi baru mencapai 70%, masih belum sesuai dengan harapan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sukabumi Bapak Drs. Tri Romandhono S. menyampaikan banyak terima kasih kepada jajaran Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi yang telah memberikan informasi yang berkembang di masyarakat. Banyak hal yang dibahas oleh Tim ini, termasuk isu corona yang sedang marak, terkait dengan situasi kondisi daerah menghadapi kerawanan Pilkades beberapa desa yang diduga akan terjadi konflik, komunikasi terkait untuk pemecahan permasalahan seperti inilah salah satu hal yang kita ingin bangun, satu kesimpulan, satu langkah dalam menyikapi perkembangan situasi yang ada pada saat ini di daerah kita.