Rapat Tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (TIMKORPAKEM) di Wilayah Kabupaten Sukabumi

Umum, Anang Suhendi, A.Md, 11-03-2022

Kamis, 10 Maret 2022 oleh Mamat Rahmat, SE., MM. (Sub Koordinator Ketahanan Ekonomi, Sosial Budaya dan Agama)

Sukabumi - Pada hari Kamis tanggal 10 Maret 2022 pukul 10.50 WIB, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sukabumi telah melaksanakan giat rapat koordinasi Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat (PAKEM) yang dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi Bapak Bambang Yunianto, S.H., M.H., bertempat di Aula Kantor Kejaksaan Negeri Cibadak Kabupaten Sukabumi Jalan Raya Karangtengah No. 456 Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, yang dihadiri oleh 20 orang anggota.

Tampak hadir bersama Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi Bapak Tri Romadhono Suwardianto (Kepala Badan Kesbangpol Kab. Sukabumi), Bapak Ediyatna Susila (Kabid Idiologi, Wasbang dan Kesbak), Bapak Moch. Asep Saepudin (Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Kab. Sukabumi), Bapak Mamat Rahmat (Sub Koordinator Kesbak), Bapak Hitmi (Kasi Binmas Kemenag), Kapten Inf Dadang (Pasi Intel Kodim 0607/Kota Sukabumi), Kapten Inf Amril (Pasi Intel Kodim 0622/Kab. Sukabumi), Aiptu Osep (Kanit Intel Polres Kab. Sukabumi) dan Bapak Yusep Wahyu (Kabid Satpol PP Kab.Sukabumi).

Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi Bapak Bambang Yunianto, S.H., M.H., menyampaikan bahwa peran serta dan partisipasi masyarakat dalam memberikan pelaporan informasi yang cepat kepada aparat perlu kita bangkitkan. Dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah, jika ada yayasan yang diketahui terdapat ajaran/aliran yang menyimpang, Kejari bisa membubarkan yayasan tersebut sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, untuk selanjutnya kita dapat merumuskan dan mendata apakah ada yayasan di Kab. Sukabumi yang menyimpang atau beraliran sesat.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sukabumi Bapak Drs. Tri Romadhono Suwardianto mengharapkan kondusifitas wilayah Kabupaten Sukabumi terus terjaga, karena Sukabumi merupakan penyangga dan dekat dengan Ibu Kota Jakarta. Kita harus dapat memetakan wilayah mana yang merupakan daerah kerawanan aliran kepercayaan atau aliran sesat. Kami juga sedang menata dan menverifikasi dokumen Ormas yang ada di Kabupaten Sukabumi guna mengetahui berapa banyak ormas yang aktif dan yang tidak aktif.