Rapat Koordinasi Forkompimda Kabupaten Sukabumi Tahun 2022

Umum, Anang Suhendi, A.Md, 11-03-2022

Selasa, 8 Maret 2022 oleh Dian Kusnaedi, S.IP (Sub Koordinator Kewaspadaan Dini dan Kerjasama Intelkam)

Palabuhanratu - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sukabumi menggelar Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Tahun 2022. Bupati Sukabumi Bapak Drs. H. Marwan Hamami, MM., selaku penanggungjawab Forkompimda Kabupaten Sukabumi  memimpin secara langsung pelaksanaan Rapat Koordinasi yang bertempat di Rumah Makan De'Kebonjati Jl. Siliwangi No. 74 Kelurahan Kebonjati Kecamatan Cikole Kota Sukabumi, pada hari Selasa tanggal 8 Maret 2022, pukul 16.00 WIB.

Rapat Koordinasi dihadiri unsur TNI dan Polri serta Forkopimda lainnya, yang berjumlah sekitar 15 orang. Tampak hadir bersama Bapak Bupati Dandim 0607/Kota Sukabumi Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.IP, M.M.Han., M.I.Pol., Dandim 0622/Kab. Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, S.Sos., M.Si., Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra., Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin., Danyonif 310/KK Mayor Inf Yudhi Hariyanto., Danpuslatpur 6 Antralina Letkol Mar Omgun Tarera Sipahutar, M.Si., Kepala Kejari Kab. Sukabumi Bambang Yunianto., Ketua Pengadilan Negeri Cibadak Kabupaten Sukabumi Masduki, S.H., Sekda Kab Sukabumi Ade Suryaman, SH. MM., Ketua DPRD Kab. Sukabumi Yudha Sukmagara., Kaban Kesbangpol Kab Sukabumi Drs. Tri Romadhono Suwardianto, Kasatpol PP Kabupaten Sukabumi Dody Rukman Meidianto, S.IP., Dansubdenpom Sukabumi Kapten Inf Tjutju Sudirman dan Pasi Intel Armed 13/Nanggala Lettu Arm Ahyadi.

Rapat Koordinasi Forkompimda kali ini dilaksanakan secara terbatas dengan inti pembahasan mengenai persiapan pelaksanaan pilkades di 70 desa wilayah Kabupaten Sukabumi, penanganan bencana alam, percepatan vaksinasi untuk mencapai 100%, dan menyikapi penyampaian aspirasi atau konflik/unras dari ormas dan masyarakat di massa pandemi Covid-19.

Bapak Bupati menekankan bahwa kabupaten sukabumi pada tahun 2022 akan melaksanakan pilkades serentak yang berjumlah sebanyak 70 desa yang sekarang sudah memasuki tahapan-tahapan pelaksanaan pilkades, maka untuk menjaga agar pelaksanaan Pilades serentak di Wilayah kabupateh Sukabumi untuk tetap terjaga keamanan dan ketertiban dimasyarakat, agar dapat tercipta suhu yang kondusif. Beliau berharap pelaksanaan Pilkades serentak untuk bersama-sama Pemerintah Daerah, unsur TNI  dan Polri untuk mengamankan pelaksanaannya jangan sampai memunculkan klaster baru penularan Covid -19, dan juga mensosialisasikan kepada masyarakat wajib untuk tetap mematuhi protocol kesehatan.

Adanya perubahan iklim  dan sekarang merupakan musim penghujan di wilayah Kabupaten Sukabumi perlu diwaspadai terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan wabah penyakit yang akan menimbulkan berbagai permasalahan seperti masalah kesehatan, kerugian ekonomi, aktivitas warga terhambat dan adanya korban jiwa. Bencana alam dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya gangguan dalam perekonomian berpotensi kehilangan/berkurangnya penghasilan yang bisa mengakibatkan gangguan kamtibmasy, perlu pemikiran bersama dalam penanggulangan bencana alam jangan sampai menbawa pengaruh negative terhadap pembangunan di Kabupaten Sukabumi.